Cara Mudah Membuat E-Book dalam Format Pdf


Banyak orang yang ingin menerbitkan karangan buku atau artikelnya berbentuk ebook dalam format pdf, tetapi mereka mengalami kesulitan karena tidak tahu bagaimana caranya membuat ebook dalam format pdf. Dalam posting kali ini akan akan saya jelaskan tentang bagaimana caranya membuat sebuah ebook dalam format pdf. Sebenarnya sangat mudah dilakukan, tidak perlu menggunakan software yang mahal untuk membuatnya, apalagi pakai biaya. Anda hanya perlu program word processor yang biasa anda gunakan, misalnya Microsoft Word dan sebuah software gratis untuk membuat file pdf yaitu, doPDF Converter
Berikut ini beberapa langkah dalam membuat ebook dalam format pdf,
  1. Install-lah program doPDF Converter terlebih dahulu. Software ini dapat didownload DI SINI.
  2. Silahkan tek tulisan Anda di microsoft word. Gunakan tipe font yang umum digunakan agar bisa di baca oleh siapa saja tanpa kesulitan.
  3. Gunakan ukuran font antara 12-14 point.
  4. Tambahkan kombinasi warna yang efektif dan jangan berlebihan dalam menggunakan warna, karena apabila terlalu berlebihan, justru ebook anda menjadi tidak enak untuk dibaca.
  5. Susun tata letak tulisan dengan baik dan konsisten. Apabila tulisan anda mengandung beberapa poin, dan masing-masing memiliki subpoin, maka pastikan format penulisan poin-poin tersebut konsisten satu sama lain.
  6. Gunakan gambar ilustrasi secukupnya saja, karena apabila terlalu banyak gambar yang ditampilkan, maka ukuran file ebook anda akan semakin besar.
  7. Selanjutnya, buatlah cover ebook anda di halaman pertama menggunakan fasilitas drawing dari software word processor yang anda gunakan, atau menggunakan software khusus pengolah gambar seperti Photoshop dan sejenisnya.
  8. Ubah naskah buku anda kedalam format PDF. Caranya, setelah anda menginstall software doPDF Converter dan menyelesaikan tulisan anda, tibalah saatnya untuk menyimpannya dalam format Pdf. Caranya sama dengan menge-print biasa, anda tinggal memilih menu File>Print dari word processor. Pilih doPDF Converter sebagai printer yang akan anda gunakan, kemudian langsung klik Ok. Tunggu sebentar, save terserah kamu dimana, terus Jadi dech.... Selamat mencoba.
WhatsApp Me Berikan masukan untuk konten yang lebih menarik dan berkualitas. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts