Manfaat Kurma

Phoenik dactilifera atau kurma merupakan sejenis tanaman palma yang sekarang ini menjadi komoditas pertanian andalan yang laku keras untuk dijual oleh bangsa Arab, Afrika dan bahkan China. Kurma memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang berguna dan diperlukan oleh tubuh. Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, pada kurma yang masih lembek kandungan gulanya sekitar 60%, sedangkan kurma yang telah dikeringkan kandungan gulanya cukup tinggi, sekitar 70%. Kandungan gula dalam kurma memiliki daya serap yang buruk, sekitar 45-50 menit, sehingga waktu pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan kedalam darah menjadi lumayan lama.
Kurma mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, thiamin, riboflavin, dan zat besi. Masih menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, mineral juga sangat banyak ditemukan dalam kurma. Magnesium dan kalium setidaknya berada dalam jumlah yang cukup bisa diandalkan untuk membantu kinerja tubuh menjadi lebih baik. Banyak juga mengandung serat-serat yang dapat membuat pencernaan menjadi baik. Kandungan kurma membuat usus menjadi lunak dan aktif, sehingga secara alamiah seseorang menjadi mudah dapat buang air besar.
Manfaat kurma
  • Jika dimakan tanpa membuang kulitnya dapat memperlancar pencernaan dan mencega peradangan usus.
  • Bagi perempuan menyusui yang rajin mengonsumsi kurma, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat memperbanyak air susu. Bagi bayi yang disusui, kurma berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang. Konon si Jabang bayi juga akan tumbuh cerdas.
  • Bagi ibu hamil, jus kurma selain menambah tenaga, dapat memperkuat urat-urat rahim sehingga dapat memudahkan proses kelahiran, juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan dan menguatkan organ rahim.
  • Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stres dan pegal.
  • Mempunyai andil menghangatkan badan, meningkatkan daya kerja otak dan memperkuat daya ingat.
  • Kadar kalium dalam kurma dapat mengurangi resiko serangan stroke dan darah tinggi.
  • Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal dikerongkongan sekaligus menghentikan batuk.
  • Juz kurma bermanfaat mengurangi penyakit insomnia. Zat besi dan hidrat arang yang terkandung cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.
  • Menambah gairah makan dan gairah sex.
  • Dapat menghaluskan kulit. Biasanya dengan campuran bahan lain dijadikan kosmetik pelengkap kecantikan.
Sumber, Risalah NU tahun 1429 H.
WhatsApp Me Berikan masukan untuk konten yang lebih menarik dan berkualitas. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts